Studi Ekskursi adalah salah satu mata kuliah yang paling dinanti oleh mahasiswa S1 Desain Komunikasi Visual Stikom Surabaya, karena dalam Studi Ekskursi mahasiswa DKV Stikom memperoleh ilmu dan pengalaman baru yang tidak diajarkan di perkuliahan sehari-hari. Studi Ekskursi tahun ini, telah dilaksanakan pada tanggal 24-27 Juli 2017 lalu selama 4 hari, 2 hari di Jakarta, dan 2 hari di Bandung. Keberangkatan studi ekskursi mahasiswa DKV Stikom dipandu oleh 2 dosen pendamping, yaitu Bapak Sigit Prayitno Yosep S.T, A.C.A dan Ibu Florens Debora Patricia, M.Pd.

Hari Pertama tanggal 24 Juli 2017, pukul 09-00-11.00 pagi mahasiswa S1 Desain Komunikasi Visual Stikom Surabaya mengunjungi Dwi Sapta Group. Kedatangan mahasiswa DKV Stikom Surabaya disambut baik dengan pihak Dwi Sapta Group, yaitu oleh Mas Ogi selaku desainer, mas Aris media planner dan Mas Arie selaku creative director  Dwi Sapta Group. Mahasiswa DKV Stikom mendapatkan beragam pencerahan dan keilmuan yang  sesuai dengan kebutuhan industri kreatif saat ini.

Kemudian pada pukul 13.30-17.00 pada hari yang sama, mahasiswa S1 Desain Komunikasi Visual Stikom Surabaya mengunjungi PT. Kreavi Indonesia yang berlokasi di Jakarta Pusat. di sambut oleh Jodhita selaku brand ambassaor dari kreavi, mahasiswa DKV Stikom Surabaya diberikan pengarahan yang mengenai perkembangan industri kreatif Indonesia dan komunitas bagi desainer-desainer muda Indonesia untuk berbagai dan menambah wawasan.

Hari Kedua Selasa, 25 Juli  2017 pukul 09.00-11.00, mahasiswa DKV Stikom Surabaya menuju ke kantor MNC Animation di Jakarta Barat. Dipandu oleh Mas Hendra selaku Director project marketing MNC Animation memaparkan seputar industri animasi Indonesia, ruang lingkup industri Animasi Indonesia, dan informasi magang yang terbuka luas  bagi mahasiswa semua jurusan yang berminat bergabung bersama MNC Animation.

selanjutnya pada hari yang sama selasa 25 Juli 2017, pukul 13.00-15.00. Mahasiswa DKV Stikom Surabaya mengunjungi PT. Paperina Dwijaya untuk mempelajari jenis-jenis kertas (fancy paper) untuk keperluaan pencetakan desain yang menggunakan kualitas kertas yang bagus dan unik, sehingga meningkatkan nilai jual dari desain yang dihasilkan oleh seorang desainer grafis. Terakhir Mahasiswa DKV Stikom Surabaya mengunjungi Darwis Triadi School of Photography. Di sana mahasiswa DKV Stikom Surabaya mempelajari tentang teknik fotografi dan fungsi fotografi di dunia periklanan dan branding.