Kunjungan DKV Universitas Dinamika ke Pameran Rutin Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), Pameran Uasik Mamerin Patas Gas Vol.4

Kamis, 26 Januari 2023, Gresik – Universitas Internasional Semen Indonesia atau biasa disebut dengan UISI yang memiliki jurusan DKV di dalamnya, mengadakan pameran karya rutin di setiap penghujung semester. Pameran tersebut diadakan pada tanggal 25 Januari 2023 sampai dengan 27 Januari 2023 dan berlokasi di Kampus B Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI). Pameran karya ini bernama “Pameran Uasik Mamerin Patas Gas Vol.4”.

 

Pada hari Kamis, 26 Januari, mahasiswa DKV Universitas Dinamika mengunjungi pameran yang diadakan UISI tersebut. Pameran ini menampilkan beberapa karya yang meliputi karya seputar Fotografi, Sign System, Nirmana Shadow, Street wall, Metode Reprografika, Still Life, Nirmana Dwimatra, Branding dan lain sebagainya.

Berikut adalah beberapa karya-karya yang dipamerkan di acara tersebut :

1.      Fotografi


Media karya fotografi kali ini ditempel pada impraboard dan digantung menggunakan tali.

2.      Metode Reprografika

 

Karya ini dicetak secara manual menggunakan cat dengan menerapkan teknik linocut atau bisa juga dilukis pada media yang digunakan. Ada juga yang menggunakan daun yang direndam dulu dengan cuka lalu ditempelkan pada tas dan di tekan tekan oleh palu agar pola daun dapat tercetak dengan jelas. Fun fact tas yang digunakan berbahan kain mori agar lebih mudah menyerap cetakan dari daunnya.

3.      Sign System


Karya ini berbentuk maket atau miniatur, dimana pada miniaturnya terdapat sign system yang telah di desain oleh mahasiswa DKV UISI.

4.      Still Life


Karya ini merupakan karya watercolor dari sketsa wajah dosen DKV UISI matkul still life ini ada di  semester 1.

5.      Branding


Branding pada pameran kali ini mahasiswa DKV UISi di bebas untuk memilih tema yang mereka inginkan, bisa dari makanan, minuman, jajan dan lain-lain. Menurut salah satu mahasiswa DKV UISI, dia survey langsung loh ke perusahaan brem-nya, katanya sekalian pulang kampung wkwkwk. Selain survey langsung katanya bisa juga dengan menghubungi perusahaan melalui email atau kontak yang tersedia.

6.      Nirmana Dwimatra



Karya ini mengangkat tema black and white. Sebenarnya bahan yang digunakan harus yang masih tergolong ke dalam kertas tapi kali ini ada yang menggunakan manik-manik. Kata salah satu temannya terlalu rajin, maka dari itu menggunakan manik-manik. Hadeh ada ada aja ya idenya.

7.      Nirmana Shadow

 

Karya ini menggunakan bahan-bahan seadanya, bahkan ada yang menggunakan bungkus obat promag sebagai bagian dari karyanya. Eitss jangan salah, meskipun menggunakan bungkus promag karya-karyanya tetap bagus dan keren-keren loh.

Karya ini mengangkat isu sosial dan budaya. Tujuannya adalah menjadikan mahasiswa peka terhadap lingkungan sekitar untuk menghindari dari sifat individual atau mementingkan diri sendiri. Cara melihat karyanya yaitu dengan ruangan yang gelap dan diberi pencahayaan dari cahaya senter yang kemudian cahaya senter ini langsung menghadap ke karyanya sehingga menimbulkan adanya bayangan yang dipantulkan. Sangat keren bukan?

  8.      Street Wall

 

Karya ini terletak pada ruang kelas di lantai 2 UISI. Konon katanya karena tidak tersedianya tembok untuk digambar dikarenakan jauh dan tidak ada lahan, maka dari itu dosen dari mahasiswa DKV UISI memberi saran untuk menggambar street wall di papan tulis dengan menggunakan spidol. Dan ternyata hasilnya gak kalah bagus sama street wall pada umumnya.

Sebenarnya masih banyak lagi karyanya seperti komik yang langsung terhubung pada webtoon, lalu lukisan AI, Nirmana Trimatra dan masih banyak lagi.

Tidak lupa dengan photobooth yang disediakan disini, sangat niat karena menggunakan lighting juga loh.









(Mahasiswa DKV Undika saat photobooth bersama)

 

Semuanya benar-benar bagus dan kami sebagai mahasiswa DKV Undika sangat senang telah diberi kesempatan untuk berkunjung ke pameran di UISI. Terimakasih kami ucapkan dan sampai jumpa di pertemuan yang selanjutnya yaa Dadaah…