Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Membuat Pameran Santai Sambil Nongki

Kamis, 20 Mei 2023, Surabaya – Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya atau biasa disebut dengan UNTAG mengadakan pameran di Creative Space, Flores 15. Yang mengadakan acara ini adalah para mahasiswa dari jurusan Ilmu Komunikasi. Mereka mengadakan pameran  ini sebagai tugas praktikum mata kuliah MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition). Pameran kali ini memiliki konsep yang berbeda dengan tahun lalu. Konsep di tahun ini adalah pertama kalinya yang diadakan oleh mahasiswa UNTAG. Harapan mahasiswa UNTAG untuk kedepannya adalah semoga acara ini bisa berjalan sebagai wadah para pelukis muda untuk berkarya.

Pameran karya ini bernama “Summeria”, berasal dari kata summeria yang diambil dari kata “summer” yang berarti musim panas dan ria yang berarti ceria. Dengan harapan musim panas kali ini bakal jadi musim panas yang ceria. Pameran tersebut diadakan pada tanggal 20 Mei 2023 sampai dengan 21 Mei 2023. Walaupun acara tersebut hanya diadakan selama 2 hari, tetapi terdapat banyak rangkaian acara dalam pameran tersebut. Rangkaian acaranya antara lain adalah zine exhibition, art exhibition, photo exhibition, live mural, visual mapping, penampilan band dan talkshow. Banyak acara yang sangat menghibur selama pameran itu dilaksanakan, agar siapapun yang datang ke pameran itu tidak merasa bosan dan enjoy saat mengikuti acara.

Pada saat Hima DKV Undika mengunjungi pameran ini, vibe cerianya sangat terasa karena rangkaian acaranya sangat menarik dan banyak karya-karya dengan berbagai jenis dipajang seperti sebuah bentuk penyampaian rasa dari setiap pembuat karya. Karya dalam acara pameran ini benar-benar bebas dari berbagai universitas salah satunya karya mahasiswa Undika, lalu ada yang dari komunitas bahkan perorangan pun boleh menyumbangkan karyanya dalam pameran ini. Tujuan dari memperbolehkan siapa saja menaruh karya dalam acara ini adalah agar kita tahu bahwa seniman itu tidak mesti dari yang punya nama. Banyak seniman-seniman muda yang butuh ruang untuk memperlihatkan karyanya dan acara kali ini bisa menjadi wadah untuk seniman-seniman muda berbakat yang mungkin namanya belum dikenal.

Persiapan mereka dalam membuat acara ini kurang lebih 2 bulan. Sie sponsorship mengatakan acara ini persiapannya cukup sulit karena dalam waktu 2 bulan harus mencari sponsor, tetapi sejauh ini cukup memuaskan karena dalam waktu 2 bulan acara ini bisa diadakan. Dan acara ini mendapatkan sponsor dari Telkomsel dan Arshoes.care. Kemudian dana dari acara ini dari kolektif setiap mahasiswa wajib membayar 150 ribu untuk dana praktikum. 

Oh iyaa, tidak lupa ada juga temen Undika yang ikutan ngisi acara menjadi bagian anggota dari band yang mengisi acara summeria ini, yaitu Arfan anak hima divisi pdd wkwk. Kemudian Live mural acara kali ini sangat seru karena melukisnya tidak dikanvas melainkan pada manekin. Sangat kreatif bukan?

Terimakasih kepada panitia Pameran Summeria UNTAG,  kami hima DKV Undika sangat senang dapat berkesempatan menyumbang karya dan hadir memeriahkan acara mahasiswa UNTAG kali ini. Semoga kita bisa berjumpa lagi dalam pertemuan selanjutnya.