Strategi city branding merupakan salah satu strategi yang banyak digunakan oleh banyak kota untuk mengembangkan dan meningkatkan persepsi masyarakat terhadap suatu kota, selain itu strategi ini dapat membantu mempromosikan potensi yang ada. Salah satunya adalah Kota Ponorogo yang menggunakan seni tradisionalnya untuk menjadi citra kota, namun citra ini sering dianggap mistis dan menakutkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang desain maskot, sebagai alat untuk strategi city branding. Metode yang digunakan adalah Design Research Methodology, dengan tahapan design menggali pesan yang ingin disampaikan, memberi nama, mendesain secara visual dan mengimplementasikannya. Hasil analisis mendapatkan karakter maskot dengan kesan humble, fun dan friendly. Maskot tersebut diberi nama Si Bar yang diambil dari representasi tokoh utama dalam kesenian tradisional Kota Ponorogo. Tujuan pembuatan maskot ini adalah untuk mengurangi persepsi masyarakat tentang kesenian Reog Ponorogo sebagai citra kota.
Baca Artikelnya di sini ya guys : Artikel Jurnal