Hai people, ini postingan pertama Ms Masrum di website ini, mumpung dapat kesempatan, mari cus kita membahas hal-hal yang berhubungan dengan DKV.


Kali ini saya akan membahas mengenai GSM. 

Kalian pernah kenal GSM ? Kalau kalian tidak pernah tau, biar saya spill untuk kalian. 


GSM adalah Graphic Standart Manual atau kalau istilah sekarang itu namanya Guideline Book. Seperti terjemahannya, guideline adalah petunjuk penggunaan. Atau kalau kita artikan secara umum sebuah buku khusus yang berisi berisi tatanan dan syarat-syarat penggunaan grafis, khususnya logo dan elemen grafis untuk sebuah produk, perusahaan ataupun instansi.


Banyak syarat-syarat yang tercantum dalam GSM, tiap produk biasanya akan berbeda-beda tuh syaratnya, ya kan tergantung dari warna, bentuk atau fungsi dari logo tersebut. Coba deh teman-teman googling GSM (semoga yang keluar bukan provider telfon ya, hehe) atau guideline book, pasti deh banyak contoh yang bisa teman-teman pelajari.


Nah kenapa sih saya tiba-tiba ingin ngobrolin GSM, ini karena kemarin nih saya sempat lihat sebuah neon box sebuah perusahaan BUMN di pinggir jalan, sebenarnya tidak ada yang salah dengan logonya. Tapi yang menurut saya salah adalah penempatannya, neon box tersebut bentuknya vertikal gitu. Saya ilustrasikan seperti ini ya teman-teman (soalnya saya takut kena somasi kalau menunjukkan logonya >_<).


Nah ini nih kalau logonya bentuknya bisa sembarangan dirotate sih masih aman ya, masalahnya si logo tersebut kalau dibalik maknanya jadi beda, teman-teman. Saya jadi wondering aja, kira-kira ini tuh tidak ada evaluasi dari perusahaannya atau gimana ya, atau memang di dalam GSMnya memang mengijinkan tuh untuk membuat logo dan logotype-nya dibuat vertikal ? Masalahnya di cabang-cabang lain saya tidak pernah melihat versi vertikal seperti itu. 


Jadi intinya apa nih ? Ya intinya untuk mengaplikasikan logo atau logotype ke dalam berbagai media, sebaiknya kudu dikomunikasikan dulu nih dengan penggunanya, riset dulu tuh cukup gak penempatannya di lapangan. Kalau enggak bisa jadi bahan ghibah untuk orang-orang desain macam saya, hehehe.