Jumat, 17 Maret 2023, Surabaya - Dengan rasa bangga, akhirnya para mahasiswa angkatan 2019 Fakultas Desain dan Industri Kreatif (FDIK) memamerkan hasil-hasil Tugas Akhirnya selama beberapa bulan ke belakang di dalam Pameran GESTALTIF 2023. Pameran tersebut diadakan selama 3 hari berturut-turut mulai dari hari 16 Maret sampai dengan 18 Maret 2023 yang berlokasi di Royal Plaza Lt. 2, Surabaya. Pameran ini merupakan pameran rutin yang diadakan mahasiswa akhir semester disetiap tahunnya.

 

Pameran ini mengangkat tema "Connectedness". Dengan harapan 3 prodi ada yang di Fakultas Industri Kreatif ini bisa menyambung dan menyatu, supaya pada pameran kali ini dapat terjalin hubungan yang baik antar prodi. Dari pengakuan panitia yang berjaga di pameran mengatakan bahwasanya acara ini terlaksana dengan baik dan yang namanya kendala pasti ada. Akan tetapi, karena kekompakan dari panitia. Acara ini dapat berjalan sukses dari hari pertama sampai hari terakhir.

 

Kali ini Pameran GESTALTIF 2023 menampilkan beberapa karya dari Prodi DKV (Desain Komunikasi Visual), Prodi Despro (Desain Produk), dan Prodi Profiti (Produksi Film dan Televisi). Karena ini merupakan acara gabungan dari 3 prodi, maka kali ini mereka bekerja sama dalam satu tim kepanitiaan dengan diketuai oleh Benedictus Richard selaku mahasiswa Prodi Profiti dan wakil ketuanya yaitu Aini Putri Dirga Sari selaku mahasiswa Prodi DKV.

 

Untuk Jurusan DKV sendiri, menampilkan beberapa karyanya. Yang terdiri dari destination branding, ilustrasi, motion graphics dan board game. Karya-karya milik Mahasiswa DKV yang dipameran masing-masing mengangkat tema yang berbeda seperti Gamelan Jawaku, Mari Mengenal Toxoplasma, dan Mojoputri.

 

Kemudian untuk Jurusan Profiti, menampilkan hasil karya film pendek maupun film dokumenter mereka. Rata-rata, mereka mengerjakan hasil karya film ini secara berkelompok. Namun ternyata, ada juga mahasiswa yang mengerjakan hasil karya film ini secara individu, salah satunya adalah saat pembuatan karya film dokumenter.

Selain itu, dalam pameran ini mereka juga mengadakan screening film yang dimana selain menampilkan karya film mereka, para pengunjung juga diberi kesempatan untuk bertanya langsung mengenai step by step pembuatan film tersebut.

 

Selanjutnya ada juga pameran hasil karya dari Mahasiswa Jurusan Despro yang tidak kalah menarik. Disini, mereka berusaha untuk menampilkan yang terbaik lewat produk-produk inovasinya yang beragam.

 

Yaitu salah satunya adalah sepeda motor listrik karya Fadhil Deivan Rashendriya yang bernamakan E-UCUB (Electric Uwil Cub). Inspirasi dari pembuatan sepeda motor listrik ini sendiri diambil dari hobinya yang memang suka memodifikasi motor, sekaligus karena keinginannya untuk turut andil dalam membantu mengurangi emisi karbon pada bumi lewat produknya ini. Untuk pembuatannya sendiri, cukup lama yaitu sekitar 3 bulan dan menghabiskan dana yang juga tidak sedikit yaitu kurang lebih hampir 20 juta rupiah. Selain itu, Fadhil Deivan Rashendriya juga menyediakan beberapa merchandise dari produk keluaran terbarunya berupa kaos dan sticker.

 

Selain itu juga ada Decita Salsabila selaku Mahasiswa Prodi Despro yang membuat sebuah inovasi kursi yang diperuntukkan bagi mahasiswa pengguna tangan kidal. Menurutnya, inspirasi dari pembuatan kursi ini adalah berdasarkan dari pengalamannya sendiri yang merupakan pengguna tangan kidal. Produk ini diberi nama SETARA karena memiliki maksud bahwa dengan adanya kursi ini mahasiswa pengguna tangan kidal juga dapat memaksimalkan kinerjanya setara dengan mahasiswa pada umumnya. Dari segi fasilitas, kursi ini cukup dipenuhi fasilitas yang lebih lengkap dari kursi mahasiswa pada umumnya. Beberapa di antaranya adalah, disediakannya tempat untuk menaruh tab, laptop, lalu di sisi mejanya ada tempat untuk menaruh botol minum dan di bawah kursinya juga disediakan laci untuk menaruh buku-buku yang dibawa.

 

Selain itu, tidak hanya pameran karya dari Mahasiswa FDIK. Tapi juga ada webinar spesial dari Dosen-Dosen Universitas Dinamika. Beberapa di antaranya adalah webinar mengenai Materi Digital Impact, Personal Branding, dan seluk beluk mengenai Designer Muda Masa Kini.

 

Gimana? Tertarik datang ke acara kita? Sampai jumpa di acara pameran kita selanjutnya. See ya!